Pengalaman Menakjubkan Perjalanan ke Baduy Dalam dengan Transportasi Umum

trip ke baduy dalam

Hallo apa kabar? Saya ingin berbagi pengalaman perjalanan ke Desa Baduy Dalam, Banten. Saya berangkat bersama bapak-bapak komplek yang mungkin pada waktu itu lagi suntuk di rumah haha. Kami ber-empat berangkat pada Sabtu, dari Pondok Petir, Bojongsari, Depok. Kami mulai berangkat ke stasiun Rawabuntu dengan menggunakan Grabcar.

Langsung aja ya, saya memulai reportase-nya perjalanan ke Baduy Dalam mulai dari stasiun Rawabuntu, Tangerang Selatan.

Stasiun Rawabuntu, 06:30 WIB

Di sini kami menunggu kereta dengan jurusan stasiun Rangkas Bitung. Untuk jadwal lebih lengkap, teman-teman bisa lihat jadwal commuterline di sini.

Tips: Lebih baik berangkat pagi. Usahakan jam 8 sudah sampai Rangkasbitung.

Stasiun Rangkasbitung, 07:30 WIB

Sampai stasiun, kami mampir sarapan bubur di depan pasar yang letaknya persis di depan stasiun Rangkasbitung. Kami juga terlebih dahulu membeli perbekalan untuk dimasak di rumah kami menginap.

Tips: Lebih baik membeli perbekalan sayur-sayuran dan lauk dibawa dari rumah. Nah, kalau air mineral, makanan ringan, dll sebaiknya beli di Ciboleger (pemberhentian Elf) sebelum kita memulai jalan ke Baduy Luar atau Baduy Dalam. Di sana terdapat Alfamart serta ATM. Hal ini bertujuan agar rombongan kalian tidak kerepotan membawa makanan banyak saat di KRL ataupun di angkutan ELF.

Naik angkutan Elf

Dari Rangkas kami akan naik angkutan Elf menuju Desa Ciboleger. Ditempuh kurang lebih 1 jam – 1-5 jam. Oya, jangan asal naik angkutan, walaupun banyak yang menawari ke Baduy. Sebab kebanyakan angkutan yang ngetem di stasiun itu tidak sampai Ciboleger. Kita nanti akan di-oper. Nah, kalo di-oper kita akan kesulitan mendapat tempat duduk.

perjalanan ke baduy dalam

Fyi, Elf  menuju Ciboleger tidak banyak. Katanya sehari 2 trip saja. Pagi dan jam 10-an. Kecuali rombongannya banyak, kalian bisa nyarter. Waktu kami ke sana, harus menunggu lama hingga jam 10-an.

Jalan menuju Desa Ciboleger, bisa dibilang kurang baik. Yah, banyak sekali menemukan jalan-jalan rusak. Selain itu, jalannya juga naik turun dan belok-belok. Bagi yang ingin membawa mobil pribadi, sebaiknya berhati-hati dan menyiapkan kondisi mobilnya.

Desa Ciboleger, 11:30 WIB

Di sini adalah tempat pemberhentian akhir angkutan elf ataupun mobil pribadi. Seperti yang saya bilang tadi, bagi yang ingin membeli minuman dan makanan ringan, silakan ke Alfamart. Sebelum naik ke Desa Baduy, saya dan teman-teman saya terlebih dahulu makan siang, sholat, dan buang air. Oya, di sini juga sudah banyak orang-orang dari Baduy yang bisa dijadikan pemandu.

FYi, mereka kebanyakan tidak menawarkan. Jadi, kalian yang ingin mencari pemandu, langsung aja samperin. Bahasa mereka adalah Bahasa sunda. Tetapi sudah banyak juga mereka yang mengerti Bahasa Indonesia.

trip ke baduy dalam
Desa Ciboleger

Bayarannya: Mereka dibayar se-ikhlasnya. Gimana mengukurnya? Kalian baru bisa menentukan setelah sampai pulang kembali ke Desa Ciboleger. Kalian pasti akan tau berapa pas-nya hehe

Akhirnya, kami sudah mendapatkan 2 orang pemandu. Tas kami pun dibawakan mereka. Oya, waktu saya berangkat waktu hujan deras. Jadi walaupun hujan, nggak usah nunggu reda. Karena normal untuk orang bukan Baduy, menuju Baduy dalam ditempuh 3-4 jam. Jadi, usahakan sebelum jam 6 harus sudah sampai. Kenapa harus sudah sampai? Nanti saya ceritakan di bawah.

Menuju Baduy Dalam, 13:00 WIB

Saya dan rombongan mulai berjalan. Pertama jalan, kita akan disuguhkan wanita pengrajin kain tenun Baduy. Kalian pasti sudah langsung ingin foto untuk Instagram. Tapi jangan buru-buru, sebaiknya kalian izin dulu, apakah meraka mau difoto atau tidak. Jangan semau kamu, ya.

Setelah beberapa kilometer, kami sudah disuguhi jalan yang naik. Sebaiknya, kalian jangan asal jalan. Tapi juga harus mengatur napas. Ingat ini masih pemanasan. Jika kita asal jalan, ditakutkan akan mudah Lelah, sehingga banyak istirahatnya.

Kenapa nggak boleh banyak istirahat? Istirahat boleh, tapi usahakan jangan capek sedikit istirahat. Karena ingat perjalannya mencapai 3-4 jam. Jadi, jam 5 sebaiknya sudah sampai sana. Kenapa harus sudah sampai sana? Jalan di sepertiga akhir  menuju Baduy Dalam itu kebanyakan jalannya hutan dan naik. Ya, meskipun jalannya dipandu oleh orang Baduy, tetap saja kita belum mengenal medannya dalam cahaya gelap.

Desa Baduy Luar

Dalam menuju Baduy Dalam, nanti akan melewati rumah-rumah Desa Baduy Luar. Kalian juga bisa menumpang istirahat sementara di sana. Warga Desa Baduy Luar juga ada beberapa yang  menjual makanan dan minuman. Selain itu, seperti pada di awal pemberangkatan naik, rumah -rumah di sana juga banyak wanita-wanita yang melakukan tenun kain Baduy.

Jembatan bambu menakjubkan

perjalanan ke baduy

Selama perjalanan naik, saya melihat berbagai keindahan yang luar biasa. Kita akan menemukan hal-hal yang tak terduga. Di sana kita bisa melihat jembatan-jembatan bambu yang menakjubkan. Lubung padi yang berjejer. Bukit-bukit hijau, sungai dengan air yang bening dan keindahan lainnya. Ya, menurut saya jalan selama 4 jam akan terbayar dengan keindahan-keindahan  tersebut.

Tiba di Desa Baduy Dalam, 17:20 WIB

Akhirnya saya dan teman-teman tiba di Desa Baduy Luar setelah melewati tanjakan terakhir yang cukup lumayan tinggi. Kami pun langsung menuju ke rumah pemandunya. Kami pun berkenalan dengan orang tuanya dan ramah-tamah.

Oya, jangan lupa perbekalan beras, sayur-sayuran, dan lainnya jangan lupa berikan ke mereka. Biar langsung diolah untuk makan malam dan sarapan.

Setelah kami beramah taman sambal ngopi-ngopi cantik, kami langsung menuju sungai untuk mandi. Kalau saya sih nggak mandi dengan alasan gelap. Saya hanya membersihkan badan seadanya dan wudhu.

Oya agama mereka adalah sunda wiwitan. Tapi mereka juga mengenal sholat dan arah kiblat. Jadi bagi kalian yang beragama islam, nggak usah khawatir kebingungan nyari arah kiblatnya. Oya kan bisa apps kibat di smartphone? Oh mending smartphone kalian disimpan baik-baik aja di dalam tas, karena di sana nggak ada sama sekali sinyal intenet, kecuali sinyal untuk telepon dan sms. Itu pun tergantung provider.

Tidur, 21.00 WIB

Mending kita tidur lebih awal. Sebab, besoknya kita akan berjalan kembali pagi-pagi. Usahakan jam 12 sudah sampai Desa Ciboleger untuk mengejar Elf. Ingat elf sudah tidak ada lagi setelah jam tersebut. Dan pastinya elf itu pueeenuuuuhh. Kalian pasti akan terheran-heran. Penumpangnya sampai naik di atap. Di dalam pun masih ada yang berdiri.

Perlengkapan yang wajib dibawa ke Baduy:

  1. Senter
  2. Jas hujan
  3. Sepatu/Sandal (Tidak jepit)
  4. Perbekalan; beras, sayur, lauk pauk, bumbu, roti, air mineral, kopi dll
  5. Pakaian ganti
  6. Plastik
  7. Kaos kaki

Perlengkapan yang tidak wajib dibawa ke Baduy:

  1. Buff/slayer
  2. Kamera
  3. Alat makan
  4. Obat-obatan
  5. Restu isteri/pasangan

Hal yang dilarang di Desa Baduy Dalam:

  1. Foto
  2. Jangan memakai odol/sampo/sabun
  3. Berisik/membuat onar
  4. Melakukan asusila

Jika ada pertanyaan tentang selama di Baduy, baik di perjalanan atau tempat tinggal misalnya mandi, buang air dll, silakan bertanya di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *